Selamat Datang di blogjog

Minggu, 13 Februari 2011

Cara Ampuh Melindungi PC dari Serangan Virus



Sampai saat ini, belum ada Anti virus yang mampu membasmi segala jenis2 Virus. Masing2 Anti virus mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, bagi kita sebagai pengguna tentunya kita bingung memilih yang mana Anti virus yang cocok dengan PC milik kita. Mungkin mudah bagi kita mencari Anti virus yang cocok dengan PC kita dengan cara mencobanya satu persatu tapi hal ini bisa kita lakukan apabila PC sudah terjankit Virus. Tapi sama saja tidak karena semua data yang kita koleksi dari tahun ke tahun hilang begitu saja seiring hilangx virus yang menjangkitix. (Sumber Gambar di Samping)


Dari itu kita harus melindungi PC kita sebelum terjangkiti virus.... trus bagemana kita melakukan hal itu sedangkang kita tidak tahu virus apa yang akan mengobrak-abrik file2 kita sedangkan setiap Anti virus tak ada yang mampu membasmi semua jenis2 Virus. Si A bilang ,Anti virus X yang paling bagus, sedangkan si B bilang, yang paling ampuh membasmi virus adalah Anti virus Y. Kitapun bingung harus menggunakan yang mana.
  • Apakah kita menggunakan semuax?

Kata orang, menggunakan Anti virus lebih dari satu akan menggangu kinerja komputer...
  • Apakah benar demikian???
Saya peribadi sebagai pengguna Laptop, alhamdulillah dari tahun 2007 sampai saat ini Saya belum pernah mengalami kehilangan atau rusaknya data maupun sistem error gara2 serangan virus... bagaimana saya membentengi laptop Saya??? dan Anti virus apa yang saya gunakan???

Deep Freeze
Walaupun Deep Freeze bukanlah jenis Anti virus tapi aplikasi ini sangat membantu saya membentengi Laptop saya dari serangan virus. Aplikasi ini banyak digunakan di Warnet2 untuk melindungi sistem dari serangan virus. Walaupun Virus menyerang tapi apabila PC dimatikan kemudian dihidupkan kembali maka PC akan kembali seperti sedia kala. Saya sebagai pengguna aplikasi ini sangat merasakan pengaruhx terhadap keamanan PC walaupun ada juga orang yang tidak menyukai aplikasi ini karena kita dapat kehilangan file2 gara2 aplikasi ini, tapi hal itu bisa terjadi bagi pengguna pemula…

Laptop pribadiq Saya amankan menggunakan Aplikasi ini yaitu Drive C dan Drive D. Jadi sebelumnya kedua drive tersebut sudah saya pastikan aman dari virus, kemudian saya amankan dengan Deep Freeze. Jadi walaupun virus menyerang drive tersebut maka apabila sudah Laptop sudah dihidupkan kembali maka virus akan hilang secara otomatis, demikianlah kinerja Deepreza. Begitupula saya harus ingat bahwa drive tersbut untuk sementara tidak bisa digunakan u/ penyimpampana data karna apabila data disimpan di Kedua drive tersebut maka otomatis akan hilang pula apabila laptop sudah dimatikan kemudian dihidupkan kembali.

Hal yang lain yang tidak boleh dilakukan yaitu menginstal program karena file2 penginstalan umumnya masuk ke data C (Program File) jadi smuax akan terhapus apabila PC sudah di Restart. Jadi U/ sementara, file2 baru saya simpan di Drive E. Apabila file2 tersebut sudah dipastikan aman dari virus yah tentuya di scan terlebih dahulu dengan beberapa Anti virus maka Saya memindahkanya ke Drive D yang pasti Deeprezx di nonaktifkan terlebih dahulu kemudian meangaktifkanx kembali apabila file2 steril tersebut sudah masuk. Begitu pula apabila ada aplikasi baru yang saya ingin istall maka saya mengisntallx sementara Deepres Aktif tapi ini memang hanya mencoba. Apabila file instalan tersebut mengalami pengaruh buruk terhadap aplikasi lain atau menjadikan sistem error maka laptop dimatikan kemudian dihidupkan kembali, Insya Allah laptop akan tetap seperti sedia kala. Tapi abila file isntalan tersebut aman2 saja maka saya naktifkan Deep Freezex kemudian menginstall program kembali.


Anti Virus
Kita sudah tau semua bahwa untuk membentengi PC dari virus maka kita harus menggunakan Anti virus. Yah disini saya menggunakan beberapa Anti virus untuk membentengi Laptop saya. Sebagaimana saya jelaskan sebelumnx bahwa Anti virus masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga saya menggunakan berbagai macam Anti virus. Dari itu timbul beberapa pertanyaan:

  • Apakah menggunakan berbagaimacam Anti virus dapat berpangaruh buruk terhadap PC?
Menurut saya ,kemungkinan kecil hal itu bisa terjadi.
  • Anti virus apa saja yang saya gunakan?
Kombinasi Anti virus yang saya gunakan yaitu untuk Anti virus Import saya gunakan Avast.
  • Kenapa?
Updateannya paling mudah bagi saya. Untuk Anti virus lokal saya gunakan Ansav, Smadav dan PC Media.

  • Kenapa?
Kombinasi ketiga Anti virus local tersebut sudah cukup membasmi virus2 keluaran Indonesia.

  • Bagaimana saya megkombinasikan Anti virus tersebut supaya laptop tidak Heng Hong?

Untuk Avast dan Ansav saya setting Otomatis, jadi apabila ada ada Drive masuk,Flashdisk atau semacamx maka kedua Anti virus tersebut menscan Otomatis.

  • Saya kemanakan Anti virus yang lainnya?

Untuk Smadav dan PC Media saya gunakan secara manual yaitu dengan cara men scan Hardisk External ,Flashdisk atau semacamx tersebut apabila scan Avast dan Ansav sudah selesai kemudian saya scan dengan Smadav setelah selesai saya scan lagi dengam PC Media.

Sumber Gambar
http://lustrum.informatics.uii.ac.id/blogcompetition/wp-content/uploads/2009/04/5116-usb-flash-disk-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHdpwN9hMjUCHVM6zXxwmK_jRyg5xE7MYiS8KhakQXiV0Xo-275eeSO6HSJlmdbC7kKwRq19zuKFCmj8exaEXAGAholI39S5q8EBl11ML48qUlXVG7_OwAgiRh9uKz5coHNzzbhdfXT2kt/s320/151246p.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh83apWoO7vY7YDIs-CFJjz69BCpIDEqCF6mb202R_vWkonXiULEf0XXxRwXazl828iDxPfpEpVkSyd054tiew8UTzN32YekTmdynxupdNrix7BzKipVvmbmLNhnjqSGlDcWG1O7ShJFVAk/s400/r_minisd_2gb.jpg
  • Biasax apa yang menyebabkan komputer heng apabila menggunakan lebih dari satu Anti virus?
Penyebabx adalah kedua anti virus tersebut menagkap file bervirus yang sama sehingga sistem bingung, masing2 Anti virus mau menghapus file yang terjangkit virus tersebut sehingga Windows jadi Heng, maksudx keduax saling memperebutkan jadi Sistem bingung deh...

... he he he lutu juga yah....




  • Kenapa saya kombinasikan Anti virus Avast dan Avast...?
Coz kedua Anti virus tersebut sudah pasti signaturex jauh berbeda karena satu Anti virus import dan yang satunya Anti virus local, jadi tidak apa2 menjlankanx besamaan karena masing2 mencari virus yang berbeda walaupun kadang juga menemukan virus yang sama tapi hal itu kemungkinan kecil bisa terjadi . Jadi untuk lebih amannya, gunakan Anti virus satu per satu, selesai yang satu baru pake lagi yang satux asalkan jangan pake semua Anti virus pada saat yang sama karena Insya Allah kursor anda tak kan bergoyang, keyboard anda los-losan sementara layar monitor berkedap kedip... he he he

Tidak ada komentar: