Selamat Datang di blogjog

Senin, 07 Maret 2011

TIP CARA GANTI PIN BLACKBERRY

Sudah tahu blackberry bukan HP biasa kan, ada pin dan imei yang melekat ke blakberry untuk dikenali RIM saat pendaftaran account di webcliet blackberry di tiap operator. Nah, kalo pin ini terdaftar di suatu operator dan kita ganti operator, bisa saja minta release PIN di operator sebelumnya, kalo kelamaan dan ngga sempet ke CS operator, mau gampang aja, coba aja cara di bawah. Sebenarnya ini juga bukan hasil terawang,wangsit, or wahyu, cuman berdasar pengalaman aja, prinsipipnya adalah re-change device. So hati-hati kalo pertama kali, ihh koq nyeremin sech.


Cara tendang PIN (yora emon style) :
Misal ada PIN yang nyangkut di bb X, dan bb Y working well.
Syarat sinyal bb X dan bb Y sudah GPRS besar, dan standby sekitar 5'-10'. Lama standby tergantung dari arus email yang masuk di bb X, semakin lama bb X ini ndak pernah ON, kemungkinan email pending yang mau dipush ke BB semakin banyak.

Langkah-langkah :
1. Login ke bb webclient (www.nama_operatornya.blackberry.com) dengan username bb Y di PC or opera mini.
2. Pilih change device (menu di samping kiri), masukkan PIN dan IMEI (tanpa titik) bb X dan save.
3. SSB (send service book), sampai successfull, standby 1 menit - 2 menit.
4. Pilih change device lagi, masukkan PIN dan IMEI (tanpa titik) bb Y dan save.
5. SSB lagi, sampai successfull, standby 1 menit - 2 menit.
6. Wipe handheld bb X.
7. Bb X sudah bisa digunakan untuk create new user lagi.

Standby bisa lebih lama dari contoh, tergantung email yang masuk terus. Kalo dapat bb yang sudah lama ndak aktif, distandby aja seharian biar email yang masih nyangkut di sono dipush ke bbnya.

Dan create new usernya dari icon email setup, cari ampe ketemu, ada koq di situ. Kalo dari pc or opera mini, nanti setelah bisa create username di icon email setup. Nanti bisa buat login di http://www.nama_operatornya.blackberry.com, kita bisa edit Your Name dan Signature.

Selamat mencoba, kalo bingung dan minta gw aja yang tendang, ym gw aja, tapi harus tau diri yak, donasi ke gw atas usaha gw, hehehe. Kalo mau gratis, ya usaha sendiri dunk, or hubungi CS operatornya yah (gratis loh).
Dan catatan terakhir, kalo ndak bisa cara ini, pastinya operator tersebut sudah masang proteksi lebih tinggi, pin yang sudah terdaftar di tempatnya, bisa ditendang dengan account webclient yang terdaftar di tempatnya juga, cuma berlaku sesama account webclient operator tersebut.

Tambah lagi catatannya :). Kalau ndak berhasil juga, coba gunakan kartu yang sama dari satu provider, ndak perlu sama webclient operatornya. Alias yang mo nendang dan ditendang, kartunya sama provider/operatornya, dan harus bb enable dua-duanya. Kalo ndak ngerti juga, baca pelan-pelan biar diserap 100% maksud gw.

Kalau sudah paham cara kerja di atas, bisa dipraktekan hanya dengan satu kartu yang sudah bb enable yang yakin sudah ok, ndak ada problem network. Tentu kedua bbnya ndak jauh-jauhan, satu di pulau ini, satu lagi di pulau itu, lah kapan tukeran kartunya dunk :D. Bisa disebut "tendangan jarak dekat", hehehe. Mending ke layanan operatornya kan, coba ke callcenter or ketemu muka customer service operator, sekalian cuci mata, liat yang bening or benong ;)

Dan yang seremnya neh, ada yang nendang pin kita, email jadi ndak ada yang masuk, or bb kita dimasukin account email si penjail. Makanya hati-hati ngasih info pin + imei, kasih info pin bisa nambah temen di blackberry messenger. Tapi kalo + imei, bisa jadi kayak contoh di atas. So, waspadalah..waspadalah..bahkan dengan orang yang anda sayangi sekalipun :). Simpen baik-baik dusnya itu yah, ada info pin + imei juga tuh. Tambah serem lagi ceritanya, kalo jadi bahan kloning, hasilnya bbnya tetep gprs kecil, dan cuman bisa digunakan untuk call or sms aja.

Kalo tetep pilih donasi ke gw, pikir-pikir mateng dulu karena lo bisa dapet gratis alias ndak mengeluarkan duit sepeser pun. Kalo tetep juga, ya gw minta donasi minimal ongkos bensin PP ke layanan operator terdekat, malak kayaknya yang pas yah:D. Beneran neh, ini rekeningnya 1290005203357 (Bank Mandiri) a.n Yora Friano. Dan harus percaya sama gw karena harus infoin pin + imeinya. Resiko bisa seperti di cerita serem gw di atas juga :). Tapii, masak iyah seh udah gw bantuin ndak ditransfer seh, .....upsss, masak iyah udah gw tendang pinnya, gw jailin juga seh, hehehe.

* Solusi untuk bb hilang

Kalau beli resmi dari operator, kena sial karena hilang, kita bisa minta suspend pin-nya biar ndak bisa digunakan oleh user baru. BB yang sudah disuspend cuma bisa dipakai buat telp dan sms. Tapi kalo beli BM atau dari Distro, ndak bisa request suspend ke operator kartunya karena bukan bb keluaran mereka.

Teknik tendang pin ini bisa "ngakalin" untuk sekedar membuat kesal user baru karena tiba-tiba bb-nya sering "tang-ting-tung" ada email yang masuk, batre cepat boros dan ganggu banget jadinya, tapi memang bisa juga sih disetting di profiles dibuat silent.

Caranya kita buat account di webclent www."operatornya".blackberry.com yang push account email hasil kreasi sendiri, contohnya balikin.bb.gw.dunk@emailgratisan.com. Dan isi forward-an dari milis yang high traffic. Jumlah account email yang dipush tergantung selera. Kenapa forward-an, biar moderator milis ndak curiga dan ndak ganggu milis kalo user barunya iseng reply threatnya. Makanya pakai email yang ada feature fordward. Yang tampil di homescreen adalah account email itu, tapi kalau udah advance ndak perlu juga karena penamaan bisa di-edit di webclient. Tujuannya biar "ngeh" kalo ada yang sedang bersedih bb-nya hilang.

Gimana cara buat accountnya yah seperti biasa dengan bb yang udah bersih (ndak pin nyangkut karena sudah membuat username atau autologin), terus ditendang dech. Dan login lagi untuk input pin imei bb kita yang hilang. Kalau ndak berhasil, kemungkinan user baru pakai kartu operator yang beda atau ndak aktif BISnya, cukup gaya pake bb aja :). Harus sering dicek, apa account buat bikin kesal ini sudah ditendang juga, jangan2 user barunya ngerti juga "tendang pin" ini. Kuncinya catat pin imei bb kita. Untuk usaha ini coba sendiri setelah ndak ada itikad baik untuk pengembalian dan ndak ikhlas atas kehilangan bb-nya. Jangan bayar gw untuk yang ini, capek ngerjainnya. Dan belum tentu berhasil karena kemungkinan tadi.

Catatan lagi ahh, baru bisa nambahin per 17.10.2009.
Sekitar Agustus akhir 2009, RIM mengupgrade system BIS menjadi 2.8. Hasilnya, artikel di atas menjadi basi karena begitu dimasukkan simcard lainnya yang sudah bb enable maka akan ketendang account yang sebelumnya teregister di bb tersebut. So, entah ini makin menguntungkan atau tidak, tergantung siapa sedang mau apa.
 
 Ditulis oleh : Achmad Gefar s,

3 komentar:

eja mengatakan...

minta pin yg bisa nendang pin dong ..mau ganti pin nih .biar gampang kontak2an sama yg bisa langsung ,
please tolong bantu
mksh.

Nouldy Arnolus mengatakan...

setau saya klo mau login selain dibutuhkan username kan butuh jga pass nya itu gmn tuh

posan mengatakan...

kalau lu yang ditendang bs ga?